Selasa, 09 Agustus 2016

Toilet training

Sebenarnya, saya berniat untuk melatih Jasmine toilet training itu sejak dia berulang tahun ke 2, bulan Mei lalu. Tapi kemudian terjadi beberapa hal.

Bagi keluarga kami, jika anak menginjak usia 2 tahun, ada dua hal menantang yang harus dilakukan. Yaitu, menyapih dan melatih toilet training. Karena dua hal ini sama-sama menantang, jadi saya putuskan untuk melakukannya satu per satu. 

Pertama adalah menyapih, yang sudah saya tulis Di SINI.

Setelah menyapih berjalan dengan sukses, selanjutnya adalah toilet training. Tapi kemudian setelah saya pikir-pikir lagi, saya putuskan untuk mengundur jadwal toilet trainingnya Jasmine. Kenapa? Karena berbenturan dengan puasa Ramadhan. Saya tidak ingin ujian kesabarannya menjadi berlipat-lipat ketika berpuasa, hihihi..

Jadi, setelah puasa Ramadhan selesai, barulah hari Senin kemarin (tanggal 25 Juli 2016) saya melatih toilet training untuk Jasmine.

Hari pertama, setiap 2 jam sekali saya ajak Jasmine ke kamar mandi untuk pipis. Kadang pipisnya keluar, kadang juga tidak. Lalu saya tingkatkan jadi satu jam sekali, karena saya kecolongan satu kali Jasmine ngompol padahal baru 1 jam yang lalu dia pipis. Selain itu, dia juga sempat pup di celana. Malam harinya masih saya pakaikan pospak.

Hari kedua, saya juga kecolongan satu kali. Selain itu sih dia selalu berhasil pipis dengan rutin saya ajak ke kamar mandi secara berkala.

Hari ketiga sampai sekarang, Jasmine sudah bisa bilang "e'ek" berkali-kali, padahal maksudnya mau pipis.

Pipis bilang "eek", mau pup juga bilang "eek", tinggal saya lihat ekspresinya saja. Kalo ekspresinya biasa aja, berarti pipis. Kalo ekspresinya agak 'ngeden', berarti mau pup, hahahahaha..

Jadi sejak hari ketiga sampai sekarang, saya sudah tidak mengajak Jasmine ke kamar mandi secara berkala, melainkan Jasmine sendiri yang bilang minta pipis.

Alhamdulillah diberi kemudahan. Selama satu minggu pertama, Jasmine ngompol hanya 3 kali. Ketika tidur siang pun, dia tidak mengompol. Hanya saja kalo tidur malam masih pakai pospak.

Bahkan, pengalaman waktu kami pergi ke Surabaya naik kereta api (sudah saya tulis di postingan sebelumnya) hari Sabtu yang lalu, kami memakaikan pospak pada Jasmine, untuk berjaga-jaga. Tapi kenyataannya, ketika Jasmine kebelet pipis, Jasmine tetap minta ke kamar mandi. Dia tidak mau pipis di pospaknya lagi.

Di minggu kedua, Jasmine mengompol satu kali ketika tidur siang. Itu karena, Jasmine belum sempat pipis, eh dia sudah ketiduran. Untuk malamnya, setiap hari dia terbangun satu atau dua kali untuk pipis di kamar mandi. Walaupun pospaknya masih terisi pipis, tapi menurut saya ini sudah kemajuan, bahwa dia sudah mau bangun di tengah malam untuk pipis di kamar mandi.

Update :

Tanggal 11 Agustus, saya surprise ketika mendapati pospak Jasmine di pagi hari masih bersih sih sih..
Begitu juga tanggal 12 Agustus, pospaknya ketika bangun tidur juga bersih.
Padahal malam harinya dia tidak bangun sama sekali.

Yang membuat surprise adalah, ini terjadi sangat tiba-tiba. Dari tanggal 10 Agustus yang ketika bangun pagi, pospaknya pasti penuh dengan ompol, tapi keesokan harinya tiba-tiba pospaknya langsung kering. Tanpa proses, tanpa latihan ke kamar mandi setiap 2 jam sekali. Tiba-tiba saja dia bisa menahan pipisnya semalaman.

Tanggal 13 Agustus, dalam keadaan demam, Jasmine terbangun beberapa kali malam itu untuk minta minum dan minta pipis ke kamar mandi. Dan dia bangun dengan pospak tetap kering.

Sampai tanggal 18 Agustus, setiap bangun pagi, pospak Jasmine selalu dalam keadaan kering. Hanya sekali kemarin waktu badannya demam. Dia sering terbangun tengah malam untuk minta minum dan pipis. Tapi walaupun begitu, pospaknya tetap penuh sampai harus ganti 2 kali.


Update tanggal 19 Agustus 2016 :
Malam ini, saya lupa memakaikan pospak pada Jasmine ketika tidur malam. Dia ngompol sedikiiiit di kasur. Lalu besoknya, tanggal 20 Agustus, saya tidak pakaikan pospak lagi dan aman, dia tidak ngompol. Tapi tanggal 21 Agustus, dia ngompol cukup banyak di kasur. Jadi besoknya saya pakaikan pospak lagi.

Sejak tanggal 28 Agustus, Jasmine sudah tidak pakai pospak ketika tidur. Awalnya sih karena saya lupa memakaikannya pospak. Tapi kemudian, besoknya dia malah tidak mau pakai pospak lagi. Jadi mulai hari ini, Jasmine sudah resmi lepas pospak. Dan alhamdulillah, sampai tanggal 22 September ini dia tidak pernah mengompol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar