Kamis, 26 Mei 2016

Tutorial menjahit gamis dewasa

Selama ini, saya sudah 4 kali menjahit baju gamis untuk saya sendiri. Berawal waktu dulu saya beli gamis merek Zizara. Waktu saya lihat modelnya, saya pikir," wah, sepertinya saya bisa membuat sendiri yang seperti ini." Karena memang modelnya sederhana dan tidak neko-neko.

Dulu, saya berniat membeli kain katun jepang di toko Warna-warni, sebuah toko kain murah di Mojokerto. Ternyata, di sana tidak menjual katun jepang. Akhirnya saya coba membeli 2 motif katun rayon plus furingnya.

Baju pertama sudah jadi, tapi ada yang agak fail. Karena saya hanya memakai furing di bagian roknya saja, sedangkan bagian atasnya tidak, jadi dressnya terasa berat di bawah. Baju bagian atasnya hampir rusak karena memang kain katun rayon yang tipis tertarik dengan beratnya rok.

Akhirnya ketika membuat baju kedua, saya memakai furing baik di bagian rok maupun bagian atasnya. Sip deh, jadi seimbang beratnya. Tapi kemudian masalah muncul pada lengannya (yang tidak saya kasih furing). Ujung lengannya agak koyak jahitannya.

Dulu saya pikir, kenapa kok lengan gamis itu pakai elastis ya? Kenapa tidak dibuat mengecil di ujung supaya tidak perlu pakai elastis? Akhirnya saya tahu, lengan gamis saya tidak bisa digulung ke atas buat wudhu, hahahahahaha..

Oke, kembali ke topik.
Waktu membuat gamis ke lima ini, saya berusaha mengambil gambar step by step nya supaya bisa saya share di sini.

Note : Oya, kembali saya tegaskan, saya bukan penjahit. Saya hanya seorang ibu rumah tangga yang belajar jahit secara otodidak. Jadi saya sama sekali tidak punya dasar-dasar menjahit yang baik dan benar. Pokoknya asal jadi saja kalo saya mah, hehe..

Gamis ini, dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas, dan bagian rok.

Pertama, siapkan kain sepanjang 2 meter. Lebarnya disesuaikan dengan tinggi badan kita, diukur dari bawah dada hingga bawah mata kaki. Kalau saya, tinggi badan 158cm, lebar kainnya 1 meter. Sisihkan dulu.

Berikutnya kita fokus membuat bagian atas.
Saya menggambar pola baju dari baju gamis yang saya punya (merek Zizara size M). Kertas polanya saya pakai kertas koran saja, biar lebih irit.



Untuk bagian lengan, pipihkan bagian lengan, lalu tempel pada koran dan gambar sesuai bentuknya.
Untuk bagian dada dan punggung, lipat baju menjadi dua lalu tempel dan gambar di koran.

Lebihkan masing-masing sisinya sebanyak 1cm. Khusus untuk atasan bagian dada, lebihkan 1cm bagian dadanya karena akan dipasang resleting jepang, biar busui friendly gitu ceritanya.

Next, dari gambar pola yang sudah kita dapat, tinggal tempel pada kain yang sudah dilipat. Ingat ya, kainnya dilipat dulu. Pasangi jarum pentul pada seluruh tepinya, lalu gunting sesuai pola.



Dan, inilah hasilnya. Kain bagian dada itu langsung saya gunting di tengah untuk dipasang resleting jepang.



Lalu pasang resleting jepangnya. Sudah tahu caranya kan? Pakai sepatu khusus resleting jepang ya, biar hasilnya bagus.



Setelah terpasang, berikutnya jahit bagian pundaknya.



Siapkan kain panjang dengan lebar kira-kira 4cm untuk rompok leher. Pasang kain rompok baik menghadap kain utama buruk. Jahit tepinya kira-kira 0,5cm. Setelah itu kain rompok dibawa ke depan, dilipat dan dijahit.





Selanjutnya pasang bagian lengan. Luruskan kain lengan dan kain badan. Bagian kain baik saling berhadapan, beri jarum pentul agat tidak bergeser, dan jahit.



Hasilnya seperti ini.



Jahit juga bagian bawah lengan sampai bawah ketiak.



Dan, taraaaa.. bagian atas sudah selesai.



Sekarang bagian roknya. Kain sepanjang 2 meter tadi dijahit sehingga membentuk seperti sarung.



Pasang pada bagian atas, kain baik saling berhadapan. Beri jarum pentul supaya tidak bergeser. Saya menandai ada 4 bagian rok yang saya pasang duluan, yaitu bagian tengah depan, dua bagian samping, dan tengah belakang.





Kemudian sisa kain yang belum dipasang jarum pentul dibuat lipitan seperti ini. Lalu tinggal dijahit.







Dan hasilnya seperti ini.



Next, supaya bajunya tidak ombor-ombor (kelihatan kebesaran) saya pasang elastis di bagian punggungnya.



Langkah terakhir, lipat bagian ujung lengan dan dipasang elastis ke dalamnya. Juga lipat bawah rok supaya rapi.





Dan selesaaaaaiiii...



Untuk tutorial menjahit bergo semi instan, bisa dilihat di SINI.


Buat yang merasa ribet menjahit sendiri, bisa cek IG saya @leanna.clothing atau bisa lewat Tokopedia dengan search nama toko Leanna Clothing






38 komentar:

  1. Terima kasih mbak, blog nya sangat membantu buat yg msh bljr spt saya.. sekaligus mo tny jg mbak.. klo rompok leher, apakah potong kainnya hrs diagonal atau bisa potong lurus biasa ya.. trims atas bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Feny, terima kasih feedback nya..
      Untuk rompok harusnya kain diagonal ya, tapi karena berbagai hal (bisa karena malas ribet, atau karena sisa kainnya hanya sedikit) saya selalu pake kain lurus biasa :)

      Hapus
  2. Halo Mbak Andry. Untuk pola dasar saya pake baju yang kita punya ya. Untuk badan bagian atas, bajunya dilipat dua, lalu ditempel di kertas pola/kertas koran, lalu digambar dengan spidol dengan dilebihkan masing2 sisinya 1cm. Untuk lengan tidak perlu dilipat, bisa langsung ditempel di kertas pola dan digambar dengan dilebihkan 1cm pada bagian bawah lengan dan ujung-ujung lengan. Di atas sudah ada gambarnya mbak, moga2 bisa paham ya..

    BalasHapus
  3. Mbak....makasih banget tutorialnya :)
    oh ya, mau tanya dong.. kalo pola lengan itu depan dan belakangnya ukurannya sama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Dea. Maaf mbak, tapi saya kurang paham maksudnya pola lengan depan dan belakang. Karena kertas pola lengan ditempel pada kain yang sudah dilipat, jadi hasilnya untuk lengan kanan 1 lembar kain, lengan kiri juga 1 lembar. Kalau dilipat, bagian depan dan belakangnya sama.

      Hapus
    2. Ooo begitu.. sy pernah liat kalo pola lengan yg pakai rumus, lengan bagian depan dan belakang ukurannya beda..(maklum, baru banget belajar jahitnya jd searching2 hehehe). Tp setelah liat blog mbak Martha, kelihatannya mudah ya bikinnya.. Nnti sy praktekkan.. Terimakasih, Mbak Martha ;)salam kenal ya^^

      Hapus
    3. Iya Mbak Dea, kalau bikin pola baju yang "serius", maksudnya yang pake ngukur2 badan, lalu ada rumus hitung2annya, itu bagian lengan depan dan belakang beda. Tapi karena saya juga masih belajar jahit, belum bisa bikin pola "serius", jadi saya pake cara yang gampang saja, biar ga down duluan semangat jahitnya. Dan alhamdulillah bajunya jadi, hehe..
      Sama2 mbak, salam kenal juga..

      Hapus
    4. Hehehe iya mbak.... Tapi itu bagus lohh hasilnyaaaa :)
      Ditunggu sharing2 berikutnya ^^

      Hapus
  4. mbak.. mau tanya dong.. untuk bikin satu gamis begitu, kira kira butuh kain berapa meter ya? tolong dibalas ya mbak, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mbak baru balas.
      Kalo mbak mau lebar roknya biasa aja, kain 3 atau 3,5 meter cukup. Tapi kalo roknya pengen yang lebar banget kayak yang lagi ngetren, biasanya 4 atau 4,5 meter. Semua juga tergantung ukuran tubuh kita ya mbak..

      Hapus
  5. Saya masang karet pinggang sama kayak mbk bikin tapi kok resleting y bergelombang y? Kenapa ya? Mohon di jelaskan

    BalasHapus
  6. Saya buat baju sama kayk itu tp kok seletingnya bergelombang ya .? Mohon pemberitahuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Tika. Pertama, pastikan sudah memasang resletingnya dengan benar dan lurus ya mbak.

      Kedua, jika resletingnya sudah terpasang benar dan lurus, lalu kemudian bentuknya jadi bergelombang setelah memasang karet pinggang, Mungkin begini ya :
      1. Masang karet elastisnya miring, atau
      2. Elastisnya terlalu pendek (jadi kainnya tertarik ke belakang secara berlebihan).
      Ini mungkin lho ya mbak, soalnya saya sendiri juga bingung kenapa bisa bergelombang begitu. semoga membantu :)

      Hapus
  7. Sy belum praktekkantp kayaknya praktis.trims ya mbak

    BalasHapus
  8. Terimakasih mbak infonya sangat membantu,semoga saya bisa 😊

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum, alhamdulillah..akhirnya sy bisa buat gamis syar'i sndiri, makasih tutorialnya mbak smoga sy bisa n smoga ilmu ini membawa berkah bgi byk org...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr. wb.
      Sama-sama ya mbaakk..
      Aamiin Ya Robbalalamin..

      Hapus
  10. assalamualaikum, maaf saya mau tanya kalo untuk buat gamis itu butuh bagus nya pakai bahan apa dan untuk buat satu gamis itu kira2 beli bahan nya uk. berapa yah bu ?
    mohon penjelasan nya, karna saya ingin sekali coba buat gamis sendiri. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr. wb.
      Saya kurang paham jenis2 kain ya mbak. Yang saya tau, biasanya gamis memakai katun jepang atau balotelli.
      Untuk ukuran baju tergantung ukuran tubuh mbak. Kalo ukuran M-L biasanya butuh 3m-3,5m kain yang lebarnya 1,15m.
      Kalo kainnya lebar 1,5m butuh 2,5m-3m mbak.

      Hapus
    2. terimakasih banyak bu. Ilmu nya sangat bermanfaat sekali. Saya akan coba dirumah,,

      Hapus
  11. Alhamdulillah nemu tutorial yang sepertinya gampang banget...semoga bisa jadi juga

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum mbak mau tanya.. Saya pngen buat gamis untuk akad, kalau baju kebanyakan dari pusar batas rok dan atasannya, saya pngen buat dari bawah dada itu langsung dilipit, tapi lipitnya banyak biar ngomprang ke bawahnya.. Itu enaknya pake kain apa dan ukurannya berapa??? Saya pngen yg lebar bnget k bawahnya, saya tinggi 165cm dan kurus, didada itu pngennya keras bahannya, jadi biar kliatan ada isinya dada, biar gak kalah sma ngonprangnya rok kalau dliat dr samping.. Kalaupun gak keras pngennya dikasik rumbai rumbai apa gt biar agak maju k depn, stelah itu dtutup dgn kain pnutup kyak musimnya baju model skrg, klau kata saya model handuk yg nutupin dada sampe perut atau pusar biar syari.. Saya pngen dikasik sran kain dan panjangnya.. Pake kain yg sma smua apa perlu kain beda?
    dibayangan sya sih pke kain katun atau kain satin apa ya? Tp katun kan banyak macemnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullah Wabarakatuh
      Hai mbak, maap, saya bukan penjahit. Jadi terus terang saya agak bingung sama pertanyaan mbak. Tentang jenis kain, model dan ukuran kalo saran saya sih sebaiknya langsung tanya ke penjahit profesional ya mbak, biar bisa tepat seperti yang mbak inginkan.
      Maaf ya mbak kalo saya ga bisa bantu 😊😊

      Hapus
    2. Iya mbak gak masalah.. Maaf, tadi nyoba nanya siapa tau mbak nya tau, bisa ngasik pencerahan gitu, soalnya kalau langsung ke penjahitnya takut dikira bawel dan hasilnya gak sesuai harapan, kan buat baju sejarah 😊 soalnya kalau ke penjahit yang sebelumnya belum kenal mayoritas hasilnya gatot.. Pernah buat rok pengennya rok cassandra gtu, yg lebar banget buat ke manten malah jadinya lipit lipitnya kayak gorden jendela..

      Hapus
  13. Furing itu apa? Klau bju d online shop ada yg nanya full furing? Trus adminya jwab furing dbawah saja.. Itu mksudny apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Furing itu kain dalaman mbak. Kadang kan kita nemuin kain yang tipis, nah kain itu harus didobel pakai furing supaya ga nerawang.
      Kalau full furing berarti full dari atas sampai bawah kainnya didobel furing. Kalo bawah saja, berarti yang bagian atasnya tidak pakai furing. Yang pakai furing hanya bagian rok saja.

      Hapus
    2. Ya mbak paham.. Tadi juga sudah searching.. Yg paling bagus arrow/hero harga 13rbuan ke atas per meternya.. Yg paling gaenak furing asihan harga 7rbuan d tokopedia hehe baca di google tadi, biar kalau jahit itu gak ketipu, dicharge harga muahal tapi dikasiknya furing asihan hehe

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mba klo mw bikin gamis yg lgsung tanpa pinggang gmn? Jd kancing full sampe ke bwh.. Mohon dijawab

    BalasHapus
  16. mba... itu bajunya ngga di obras ya?? saya mau coba jg jahit otodidak ah... soalnya gatot mulu ke tukang jahit. wlopun yg profesional jg gatot.. kainnya jd boros sama tukang jahit.sisanya juga ga bisa d minta buat DIY 😁
    share teruus yaa mbaa #niy keknya mbaknya bakat ih.. smoga nnti jd desainer yg pngertian ma klien 🤣

    BalasHapus
  17. Ka ini hanya 2 meter bahan kan

    BalasHapus
  18. mb Martha.. habis bolak balik main blog.nya mb Martha minggu kemarin aku akhirnya bikin gamis juga.. aku terinspirasi dirimu,,duhh bahasaku hehe.. kalau aku terlaksana karena kepepet mau kondangan ga ada baju yang pantas..nyari gamis ke butik harganya mehong amat.. sayang ma duitnya.. tapi aku bikinnya tanpa pola badan.. cuma bawahannya aja yang pakai pola.. hasil gas pol satu malam..Alhamdulillah kok ya jadi hahhaa.. ayo main ke blog aku mbak..

    BalasHapus
  19. Mbak mau tanya..kalo lebarnya 1.5 gimana posisi polanya...

    BalasHapus
  20. Mbak itu berarti gamis bagian bawahnya potongannya lurus aja kan ? Ngk yg pinggirnya agak naik gitu kan ya ?

    BalasHapus
  21. "Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan slot online disini tempat terbaiknya

    KERIS2 = keris2.com

    Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, slot dan casino online pilihan kamu sekarang!
    - Cashback Togel 5%
    - Cashback Casino Up 10%
    - Cashback Slot 5%

    Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
    - Rollingan Casino 0.7%
    - Rollingan Slot 0.7%

    Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
    - Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
    - Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
    - Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000

    Semua game ada disini :
    Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
    Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
    Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen Slot, Agen Slot Online, Agen Slot Terpercaya, Agen Slot Aman,
    Bandar Slot, Bandar Slot Aman, Bandar Slot Terpercaya, Bandar Slot Online, Situs Slot, Situs Slot Online,
    Situs Slot Terpercaya, Situs Slot Aman, Situs Slot Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
    Bandar Casino, Slot Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
    Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.

    Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"

    BalasHapus