Minggu, 29 Mei 2016

Tutorial menjahit dress rok lebar Asha

3 baju terakhir yang saya buatkan untuk Asha, semuanya berupa long dress, yang memiliki bawahan rok panjang sampai ke bawah. Untuk baju Asha kali ini, saya ingin membuatkan baju dengan rok yang lebih pendek, supaya terlihat lebih santai.

Ini dia step by step dress anak versi saya.

Untuk roknya, siapkan 2 lembar kain berukuran 115cmx50cm, lalu dijahit di kedua sisi yang berukuran 50cm. Sisihkan dulu.

Untuk atasan, siapkan baju anak untuk dijadikan pola. Lipat baju, tempel pada kertas koran, lalu digambar polanya dengan dilebihkan 1cm pada masing-masing sisinya. Khusus bagian depan, saya lebihkan agak banyak, karena akan saya pasang kancing.


Oke, ketika kain sudah jadi, pertama-tama, bagian depan yang akan dipasang kancing digunting tepat di tengah, lalu dilipat sedikit dan dijahit. Saya sisipkan kain jeans ke dalamnya, supaya jadi lebih tebal sehingga kain tidak mudah rusak dan sobek.


Next, jahit bagian pundaknya.

Siapkan kain panjang dengan lebar kira-kira 4cm untuk rompok leher dan lengan.
Setelak rompok terpasang, jahit bagian bawah ketiak.


Berikutnya tinggal memasang kancingnya. Karena saya masih pakai mesin jahit Butterfly jadul, yang hanya memiliki satu jenis jahitan yaitu jahit lurus, otomatis harus membuat lubang kancing secara manual. Caranya, ukur diameter kancing, beri tanda pada kain, lalu saya jahit sekelilingnya dengan tusuk feston, dan tinggal dilubangi bagian tengahnya. Gunting dan bersihkan serat-serat kain yang mengganggu.


Oke, bagian atas sudah selesai..


Tinggal digabung antara bagian atas dan bagian roknya. Kain baik saling berhadapan, dibuat lipitan-lipitan seperti ini (sesuaikan jarak antar lipitan ya, supaya hasilnya bagus), tinggal jahit.


Terakhir, pasang elastis di bagian punggung dan lipat bagian bawah rok.

Dan selesaaaiiii..



Untuk step by step baju Jasmine, bisa dilihat di SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar