Kamis, 28 April 2016

Menjahit dress anak asal jadi ala saya

Jadi ceritanya, saya punya beberapa kain katun perca yang masing-masing berukuran kurang lebih 50x50cm. Awalnya, kain-kain perca itu akan saya gunakan untuk membuat tas applique. Tapi ternyata, membuat tas applique tidak semudah yang saya bayangkan, sehingga mood saya drop. Nah, daripada kainnya nganggur, saya berniat untuk mengubahnya menjadi dress buat Jasmine. Hasilnya seperti ini :


Sebelumnya, perlu saya tegaskan bahwa saya bukan penjahit. Saya hanya kebetulan punya mesin jahit lama milik mertua saya, lalu belajar jahit secara otodidak. Jadi saya tidak tahu teknik-teknik khusus dalam menjahit. Kalo bahasa kerennya, baju-baju yang saya buat itu pokoknya jadi aja, entah tekniknya betul atau salah, hahahaha..

Termasuk dress buat Jasmine ini. Jika ada langkah-langkahnya yang culun, aneh atau kurang sip, mohon dimaklumi ya. Ini benar-benar tutorial menjahit dress anak yang asal jadi ala saya, hehehe..

Oke, ini dia langkah-langkahnya..

- Saya siapkan 2 buah kain berukuran 50x50 cm, warna ungu tua dan ungu muda. Masing-masing dipotong jadi 2, lalu dijahit selang seling seperti ini.


- Untuk kain yang bagian belakang, saya gunting atasnya untuk dipasang resleting nantinya.


- Jahitkan kain itu sehingga berbentuk melingkar. Hasilnya seperti ini.

Bagian depan

Bagian belakang

- Berikutnya pasang resleting jepang pada bagian belakang tadi.


- Luruskan antara garis tepi kain warna ungu tua. Sisi satunya juga diluruskan ya, pasang jarum pentul agar tidak bergeser.


- Lalu saya gunakan baju yang ada untuk dijadikan acuan membuat lingkar lengan. Setelah ditandai, langsung dipotong ya.



- Langkah selanjutnya, saya buat lipitan seperti ini, sehingga ukuran kain pundak kiri dan kanan sesuai dengan baju yang dijadikan acuan tadi. Lalu jahit lipitannya sampai di bagian dada.


Bagian belakang juga dibuat lipitan, walaupun agak miring, tapi gak papa lah, hahaha..

- Buat juga tanda untuk lingkar leher depan dan belakang, plus garis miring untuk bagian pundak.



- Begini hasilnya setelah dipotong.


- Jahit bagian pundak.


- Berikutnya. Siapkan 3 buah kain untuk rompok lengan dan leher, dengan lebar kira-kira 3cm saja, dan panjangnya menyesuaikan. 
Pertama, luruskan kedua kain. Bagian baik kain rompok menghadap bagian buruk kain utama. Jahit lurus di sepanjang kain, jaraknya 0,5cm saja dari tepi.

Hasilnya seperti ini

Lalu kain rompok dilipat ke depan, dan dijahit.

Hasilnya seperti ini.

Oke, ada yang harus saya akui. Baju ini awalnya untuk Asha. Baju yang saya pakai acuan pun adalah baju Asha. Tapi ternyata, buat Asha kurang panjang. Dan ketika saya cobakan ke Jasmine, bagian lengan dan pinggangnya terlalu besar. Jadi saya mengecilkan bagian lengan ke bawah seperti ini.


- Langkah terakhir adalah melipat bagian bawah baju supaya rapi.


- Dan taraaaaa.. bajunya sudah jadi.


Kain perca ukuran 50x50cm ini saya beli seharga 7ribu rupiah di tokopedia. Jadi modal untuk membuat baju ini hanya 14ribu untuk kain, dan resleting seharga 4 ribu. Murah, dan yang penting puas bisa menjahitkan baju sendiri buat anak :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar