Minggu, 29 Juli 2012

Kolik

Tanggal 19 Juli kemarin, untuk pertama kalinya Asha mengalami yang namanya sakit. Kejadiannya berawal sekitar pukul 15.30, ketika sedang santai-santai sambil nonton lagu anak-anak di laptop, tiba-tiba Asha mengeluarkan suara seperti mengejan, berkali-kali. Awalnya saya kira dia mau pup, ternyata tidak. Setelah itu Asha langsung nangis keras.

Saya ajak keluar, lihat kucing kesukaannya, dia sempat tenang, setelah saya bawa masuk ke rumah, kambuh lagi mengejannya, lalu nangis lagi. Begitu terus sampai sore ketika Papinya pulang. Asha kelihatan kesakitan di perutnya, ketika saya pegang, perutnya mengejang terus, kaku. Dan saking kencangnya dia menangis, Asha sempat beberapa kali memuntahkan makanan yang dia makan tadi. Selama itu, dia selalu minta digendong sambil berdiri, setelah digoyang-goyang sebentar dia akan tertidur. Tapi begitu akan diletakkan di tempat tidur atau bahkan saya cuma mengganti posisi dari berdiri ke posisi duduk saja, dia akan bangun dan menangis lagi. Jadi ya benar-benar harus berdiri :)

Karena sampai malam tidak juga mereda, akhirnya kami bawa Asha ke dokter anak. Setelah diperiksa, ternyata dia kemungkinan terkena kolik, semacam rasa nyeri di perut. Dokter memberi resep untuk menghilangkan rasa sakitnya, juga dibuatkan surat rujukan ke rumah sakit kalau misalnya tiba-tiba Asha memuntahkan lendir berwarna kuning, itu tandanya ada usus yang terjepit masuk ke dalam usus lainnya dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

Malamnya, tiap setengah jam sekali Asha terbangun sambil menangis, jadi saya dan Papinya Asha juga ikutan tidak tidur semalaman sambil gendong Asha supaya tidur lagi.
Keesokan harinya Asha masih rewel juga, sampai Papinya bela-belain ijin tidak masuk kantor untuk menemani Asha yang belum sembuh. Siang hari alhamdulillah sudah agak mereda, dan malam harinya Asha sudah bisa tidur dengan nyenyak sampai pagi.
Besoknya Asha sudah ceria seperti semula :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar