Senin, 18 Juli 2016

Bunga flanel sederhana

Beberapa hari yang lalu, salah satu teman Fb saya ada yang menshare inspirasi menghias kaleng bekas menjadi kaleng warna-warni yang cantik. 


Aha.. kebetulan di rumah ada kaleng bekas roll stik, juga ada renda bunga-bunga dan kertas kado. Coba praktek ah..

Setelah kertas kadonya ditempel di kaleng, juga dihias renda berbentuk bunga, lalu saya kebingungan. Harusnya kan ditempel bunga yang agak besar begitu, sebagai point of interest, supaya kelihatan cantik. Tapi kalau membuat bunga yang sama persis seperti gambar, jujur saya agak malas.

Tiba-tiba saya ingat bahwa saya masih punya sisa kain flanel, bekas membuat amplop lebaran kemarin. Kainnya sih sudah sangat perca sekali ya, hahahaha.. Kalau dipakai untuk kerajinan yang potongannya berukuran agak besar, jelas tidak akan cukup. Tapi kalau dibuat jadi bunga, pasti sangat cukup sekali, karena potongannya kecil-kecil. Plus caranya juga sangat gampang. Jadi saya putuskan untuk membuat bunga dari kain flanel saja.


Langkah pertama, buat potongan-potongan dengan bentuk seperti ini sebagai kelopak bunga. Besar kecilnya kelopak tergantung kita ingin seberapa besar ukuran bunganya. Satu bunga membutuhkan sekitar 6 atau 7 kelopak.


Lalu siapkan benang jahit. Jahit tiap-tiap kelopak berurutan dengan bentuk seperti di bawah ini sampai habis. Setelah menjahit kelopak terakhir, jarum dijahitkan ke tepi luar kelopak pertama. Tarik benang sehingga kelopak bunga terlipit-lipit, kemudian rapikan dan luruskan semua kelopak, hingga terbentuk lingkaran.



Gunting satu bunga dari renda, lalu tempel di tengah-tengah bunga. Bagian belakang bunga ditutup dengan kain flanel juga supaya terlihat rapi.



Dan taraaaa..
Bunga flanel sederhana sudah jadi.


Kalau tidak cukup, kainnya bisa saling digabung jadi bunga dua warna

Langsung saya jadikan hiasan di kaleng saya..


Walaupun tidak secantik contoh di atas, tapi cukup oke lah, hehehe..

Selain itu, bunga flanel ini juga serbaguna. Jika ingin dijadikan bros, tinggal tempel peniti bros di belakangnya menggunakan lem lilin.


Bisa juga dijadikan jepit rambut. Kebetulan saya punya jepit rambut yang hiasannya sudah hilang. Tinggal tempel, dan jadiiii..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar