Jumat, 01 Juli 2016

Perkembangan mereka

Jasmine

- Jasmine sudah hafal beberapa nama hewan. Tapi yang paling banyak adalah dalam bahasa inggris. Misal ketika melihat gajah, dia akan teriak "ifen" , maksudnya elephant. Ketika melihat kuda dia bilang "hos". Ketika melihat kupu-kupu dia bilang "wiwifai". Atau cat, dog, duck. Kalau yang bahasa indonesia masih sedikit.

Kenapa begitu? Soalnya gurunya pakai bahasa inggris semua. Maksudnya guru adalah yang mengajari dia yaitu film kartun kesukaannya dari nick jr seperti Dora, Blaze, Bubble Guppies, dll, dan ada juga aplikasi game di hp. Semua pakai bahasa inggris. Tentu selalu saya jelaskan arti bahasa indonesianya, tapi yang menancap di kepalanya yang bahasa inggrisnya :)

- Dan karena tontonan kartunnya yang bahasa inggris itulah, Jasmine juga dikit-dikit pakai bahasa inggris dalam kesehariannya. Misal ketika mengajak saya kemana gitu, dia akan bilang "Mami, c'mon.."
Atau ketika ada sesuatu di TV dan dia ingin menunjukkan pada saya, dia akan bilang "Mami, look.."
Atau ketika berhitung, daripada satu dua tiga, dia lebih suka "wan, cu, cwi, fo, fav, sik, savon, eit, nain, teeeenn.."

- Setelah disapih, Jasmine punya kebiasaan tidur yang baru. Kalau sebelumnya dia tidur dengan menyusu, kali ini kalau dia tidur, harus dengan posisi menelungkup di atas badan saya. Jadi posisinya memeluk badan saya gitu, tapi sambil tidur. Kalau saya turunkan ke bantal langsung nangis. Awalnya saya turuti, karena kasihan. Tapi lama kelamaan kok badan Jasmine semakin berat. Akhirnya saya coba turunkan. Ketika dia menangis, saya coba pijit kakinya. Dia menurut. Sejak itu ketika dia tidur, harus sambil dipijit kakinya. Lalu berkembang lagi sambil diusap-usap perutnya, pokoknya adaaaa saja ritual tidurnya.

Saya pikir, ini tidak bisa begini terus. Jasmine harus bisa tidur tanpa ritual-ritual tertentu. Lalu saya coba tegas. Ketika suatu malam Jasmine mulai merengek minta diusap perutnya, saya tetap merem di sampingnya sambil bilang pelan "no Jasmine, bobo." Dia diam.
Lalu sebentar kemudian dia merengek lagi, saya bilang yang sama "no Jasmine, bobo." Dia diam lagi.
Yang ketiga begitu lagi. Saya tetap konsisten dengan jawaban yang sama. Dia diam. Tapi kali ini, dia sudah tidak merengek lagi dan langsung tidur sendiri.

Sudah beberapa hari ini Jasmine tidur tanpa ritual apapun. Ketika waktunya tidur ya langsung tidur. Lampu dimatikan, hanya pakai lampu tidur yang sangat redup, dia tidak pernah merengek lagi. Palingan merengekpun dia hanya minta minum (saya selalu sedia botol minum di tempat tidur), lalu tidur lagi. Alhamdulillah..

- Sampai saat ini, Jasmine sangat pemilih masalah makanan. Dia tidak mau makan nasi, tidak mau sayur, buah pun dia tidak suka. Yang dia suka adalah lauk-laukan berbau hewani begitu, misal telur, nugget, ayam, sosis, dsb. Dia juga suka mie.
Akhirnya, saya akali. Setiap saya bikinkan telur dadar, saya tambah nasi di dalamnya. Juga sayuran, seperti wortel atau kubis yang dicincang atau diserut. Alhamdulillah dia mau makan.

Update tanggal 16 Juli :
Sejak seminggu yang lalu, Jasmine sudah mau makan nasi. Sampai sekarangpun dia mau. Hanya saja, kadang nasinya harus yang berasa, misal dibikin nasi goreng, atau diaduk pakai kuah tumisan. Nasi putihan pakai lauk gitu dia masih belum mau. Tapi sudah Alhamdulillah banget sudah mau makan nasi..



Asha

- Dalam salah satu kartun di Nick Jr, ada satu kartun berjudul Max and Ruby. Kartun ini bercerita tentang kakak beradik, dimana Ruby sebagai kakak sering dipusingkan dengan ulah Max adiknya yang sangat kreatif. Asha selalu menyebut dirinya sebagai Ruby, dan Jasmine adalah Max.

Ketika Asha dibuat kesal oleh ulah Jasmine, saya selalu bilang "Asha harus baik sama Jasmine, ga boleh marah. Lihat itu, Ruby kan ga pernah marah sama Max. Asha juga harus sabar sama Jasmine ya.."
Langsung dijawab dengan anggukan "iya mi.."

- Ada yang lucu. Ketika si Papi dan saya iseng-iseng tanya pada Asha "Asha mau adik lagi nggak?"
Langsung dijawab tegas "nggak mau!!"
Kami tanya "Lho kenapa? Kan enak nanti adiknya ada dua."
Dia jawab "nggak mau."
"Berarti Asha ga mau adik Jasmine?"
"Mau. Jasmine saja"
"Kan enak nanti Jasminenya ada dua."
"Nggak mauuu.."

- Asha dan Jasmine sudah tidak terpisahkan. Walaupun kadang suka bertengkar, tapi tidak mau dipisahkan. Di rumah, mereka suka bermain peran. Kadang sebagai princess, mereka menari-nari, dengan selimut yang diikat di leher sebagai mantelnya. Kadang juga berperan sebagai Paw Patrol, Asha jadi Sky, Jasmine jadi Marshall, keduanya adalah anjing.

Mereka bergerak dengan merangkak, makan camilan langsung dengan mulut, dan Asha berteriak guk guk, sedangkan Jasmine bersuara meong meong.



- Alhamdulillah sekarang Asha masuk TK. B. Walaupun sebagian besar teman sekelasnya ganti, tapi dia tetap sekelas dengan bestfriendnya, Razqa.

- Cara makan Asha sama dengan saya. Yang bagian favorit dimakan paling akhir, hahahaha..
Lihat, nasi dan putih telurnya habis duluan, tinggal 2 kuning telur utuh dimakan belakangan :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar