Minggu, 26 Juli 2015

Lebaraaann...

Walaupun agak telat, kami sekeluarga mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI..
Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada yang tersinggung dengan salah satu isi dari blog ini.
Maapin yaaaa..

Setiap lebaran, di rumah Tosaren hingga saat ini masih ada budaya "unjung-unjung", yaitu anak-anak berbondong-bondong mengunjungi satu per satu rumah mulai tetangga dekat hingga tetangga kampung, lalu mereka akan mendapat angpao. Jumlahnya macam-macam. Biasanya sih, mulai dari seribu hingga sepuluh ribu rupiah.

Menurut saya, hal ini tidak apa-apa dilakukan, namanya juga tradisi. Saya sangat senang melihat keramaian di pagi hari, satu gang dipenuhi dengan hebohnya anak-anak kecil. Hanya saja yang membuat tidak sreg di hati adalah, kebanyakan orang tua justru menyuruh, bahkan memaksa, anak-anak mereka untuk unjung-unjung dengan tujuan supaya dapat uang. Ini kan seperti mendorong mereka untuk meminta. Bahkan ada orang tua yang sengaja ikut unjung-unjung dengan membawa bayi mereka yang masih berumur 1 tahun atau kurang supaya mendapat angpao lebih. Dan jika tuan rumah sengaja tidak memberi angpao karena menganggap anak itu masih terlalu kecil, si Ibunya tidak segan-segan meminta langsung jatah angpao buat si bayi.

Kalau saja Asha ingin ikut unjung-unjung, tentu akan saya ijinkan, supaya dia merasa gembira bisa ikut meramaikan suasana dengan teman-temannya, bukan supaya dapat uang.
Karena salah satu hal yang sedang berusaha kami ajarkan pada Asha saat ini adalah, "Jika diberi, terimalah dengan gembira dan bilang terima kasih. Tapi kalau tidak diberi, TIDAK BOLEH minta. Kalau Asha ingin apa-apa, mintanya sama Papi atau Mami."

Eniwei, hari ini adalah hari pertama Asha sekolah masuk tahun ajaran baru. Jadwal masuk jam 7 pagi, kami berangkat jam 6.30. Alasannya, saya ingin menukar dulu seragam bolero yang saya dapat, yaitu ukuran XL menjadi ukuran S. Jauh banget ya ukurannya..

Sejak bangun pagi, Asha sangat bersemangat karena hari ini "sekolah sudah buka lagi", katanya. Mandi pagi yang biasanya suka ditunda-tunda, pagi ini langsung berangkat begitu disuruh mandi. Langsung pakai seragam sendiri. Pokoknya semangat banget deh..

Asha duduk dengan teman-temannya menunggu para Ummi yang sedang briefing. Dia tidak memakai rompi karena rompinya mau ditukar dengan ukuran yang lebih kecil.
 
Pulang sekolah. Yeeeiii.. rompinya sekarang sudah pas di badan :)
 
Jasmine selfie pake kerudung sekolahnya Kak Asha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar