Rabu, 07 September 2011

Proses Kelahiran

Tujuan awal aku membuat blog ini yaitu sebagai dokumentasi perkembangan anak pertamaku dari hari ke hari. Seperti judul blog ini, namanya Neysa Ashadewi Fadantya, biasa dipanggil Asha. Lahir di Kediri, tanggal 14 Juli 2011 pukul 08.15 WRS (waktu rumah sakit) .
Proses kelahirannya sendiri diawali dengan pikiran bertanya-tanya “kapan ya bayiku lahir?” soalnya HPL tanggal 13 Juli 2011, dan sampe waktu itu aku belum merasakan kontraksi sedikitpun. Sebenarnya waktu itu aku sendiri masih bingung kontraksi itu rasanya seperti apa. Banyak yang bilang rasanya seperti kebelet BAB tapi lebih sakit. Well, aku belum merasakan itu. Cuma pas pagi hari tanggal 13 Juli itu aku mulai merasakan perutku kadang-kadang mengeras dan terasa kaku sekali tapi tidak terasa sakit sedikitpun (yang kemudian dokterku bilang memang itulah yang namanya kontraksi).

Lalu malamnya pukul 21.30 ketika baru masuk toilet tiba-tiba aku merasa seperti (maaf) ngompol. Setelah kulihat ternyata itu darah. Malam itu juga langsung cek in ke rumah sakit.

Pukul 22.30 diperiksa oleh bidan jaga, ternyata sudah bukaan 2. Kalo biasanya ibu hamil disuruh jalan-jalan dulu supaya segera bukaan lengkap, bidannya justru menyuruhku tiduran saja ( syukur kalau bisa tidur beneran ), soalnya waktu itu sudah malam, kalau jalan-jalan dikhawatirkan kondisiku akan kecapekan ketika harus mengejan nanti.

Pukul 05.30 kontraksi terasa semakin sering, tiap 5 menit sekali. Ketika diperiksa, baru bukaan 3. Waktu itu pikiranku agak gimanaaaaa gitu. Gimana enggak, dari jam 22.30 sampe pagi cuma nambah 1 bukaan, bisa-bisa nih anak lahir nanti malam. Dan ibuku memperkirakan bayiku akan lahir sore nanti.

Pukul 07.00 terasa kontraksi yang terus menerus, sudah tidak ada jeda lagi. Diperiksa lagi, dan ternyata baru bukaan 4. Pikiranku waktu itu “duh, masa harus merasakan kayak gini terus sampe bukaan lengkap berjam-jam nanti?”

Pukul 07.15 terasa keinginan mengejan yang sangat tinggi. Walaupun aku ingat bahwa sebelum bukaan lengkap dilarang mengejan, aku tetap tidak tahan ingin mengejan. Akhirnya aku bilang ke suami, lalu dia memanggil bidan. Setelah diperiksa, ternyata sudah bukaan LENGKAP. Wooowwww.. cepatnya.. 

Segala perlengkapan kelahiran langsung disiapkan. Aku mengejan 4 kali dan Alhamdulillah bayiku lahir dengan selamat pukul 08.15 dengan berat 3,1 kg dan panjang 50 cm.

2 komentar: