Minggu, 17 Juni 2012

Kapan mulai bicara?

Akhir-akhir ini ada satu pertanyaan yang sering muncul di pikiran saya. Umur berapa pada umumnya bayi mulai bisa bicara?
Lalu, definisi bicara itu seperti apa?
Kalau Asha sekarang suka mengoceh "mamamama" atau "papapapa" atau "mpufff" ( cara dia memanggil pus), itu sudah bisa dikatakan bicara atau belum?

Kemudian saya memulai pencarian di mbah google. Dan saya menemukan INI.
Di sana dikatakan bahwa "sesuai tahapan perkembangannya, anak usia 1,5 tahun seharusnya paling tidak sudah bisa menggunakan minimal 5 kosa kata yang konsisten seperti papa, mama, apa dsb. Selanjutnya secara bertahap pada usia 2 tahun anak mempunyai 2 lusin kata yang dapat dirangkai sederhana."

Di sana juga ditegaskan untuk selalu menstimulasi dengan mengajak anak berkomunikasi meskipun anak belum mampu berbicara dengan baik. Masa BATITA adalah masa meniru, sehingga ketika orang tua intens mengajaknya berbicara pasti kosa kata anak semakin banyak pula.

Mungkin selama ini kalau pagi sampai siang hari saya lebih banyak mengurusi toko online saya dan membiarkan Asha bermain sendiri (tapi tetap dalam pengawasan penuh). Mulai sekarang, harus lebih sering menemani Asha bermain dan lebih sering mengajaknya ngobrol. Mengenalkan pada benda-benda yang ada di sekelilingnya.

Asha sudah mengerti nama beberapa benda, terutama mainannya. Misal kalau saya bilang "bolanya mana?" Dia akan langsung mencari bola kecil mainannya.
Atau ketika saya bilang "Shaun mana Shaun? ayo diambil.." Dia akan langsung melihat ke arah boneka Shaun The Sheepnya sambil ngoceh "heeeh..heeeeh.."

Dan untuk info lebih lengkap tentang keterlambatan bicara pada anak, baca langsung saja link di atas :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar