Minggu, 29 April 2012

melangkah dan menggigit

Asha sudah bisa melangkah..
horeeeeeeeeeee...
Langkah pertamanya terjadi kemarin di Surabaya, di rumah Mbahlik nya. Waktu itu lagi main ke sana, dan di sana banyak anak-anak yang main-main juga. Asha, yang biasanya di rumah sangat sepi, jadi kegirangan. Begitu dia berdiri, dipancing boneka, Asha mau melangkah.Walaupun baru satu langkah, kami sangat senang. Itu langkah kecil pertamanya, menuju langkah-langkah besar selanjutnya :)

Asha akhir-akhir ini semakin sering menggigit puting ketika menyusu. Rasanya sangat nyeri sampai ke ubun-ubun. Kalau ada yang bilang 'jangan teriak kalau digigit, nanti bayi jadi kaget dan ga mau menyusu lagi', Hal itu sepertinya ga berlaku buat Asha. Melihat saya teriak kesakitan, Asha justru kegirangan dan semakin menggigit dengan gemas. Mungkin dikiranya saya sedang mengajaknya bercanda. Kemarin bahkan sampai luka dan berdarah.

Gigi Asha sudah ada 4 lho..

Papinya Asha, yang kasihan melihat saya kesakitan, berusaha mencari solusi supaya Asha ketika menggigit, bisa segera melepaskan gigitannya dan bukannya semakin gemas, dengan menggunakan tangan sebagai bahan percobaan.
Ketika tangan mulai digigit, coba digelitikin telapak kakinya. Gagal. Gigitannya semakin kuat. Papi mulai nyengir-nyengir menahan sakit :)
Coba lagi, kali ini digelitik lehernya, perutnya, pinggangnya, semuanya gagal. Tangan Papi cedera semakin parah :)
Percobaan berikutnya, dicoba dengan kata-kata. Pas Asha gigit, coba dikasih tau dengan suara yang tegas, bukan membentak, tapi tegas 'Asha ayo dilepas !!!'
Tapi tetap ga ngaruh..

Akhirnya googling cari-cari pengalaman ibu-ibu yang lain gimana cara menghadapi bayi yang mulai menggigit puting. Banyak saran yang didapat. Yang sedang saya lakukan sekarang yaitu mengafirmasi bawah sadarnya, dengan cara mengulang-ulang ngasih tau ke Asha untuk tidak menggigit lagi ketika menyusu. Dan cara lainnya, yaitu ketika Asha mulai menggigit, saya masukkan jari saya ke dalam mulutnya. Dengan begitu, Asha akan langsung melepas gigitannya (konsekuensinya ganti tangan saya yang digigit :)

Oya, ngomong-ngomong masalah gigit-menggigit, gigi atas Asha kok bentuknya agak aneh ya?
Ibarat jalan raya, gigi atas Asha bentuknya seperti pertigaan, ada cabangnya. Ada yang pernah melihat bentuk gigi seperti ini?



1 komentar: