Rabu, 14 Desember 2011

BLW


Sekarang umur Asha sudah genap 5 bulan, 1 bulan lagi Asha akan mulai mengenal MPASI. Saya dan suami sudah sepakat bahwa kami akan menerapkan metode BLW padanya. Apa itu BLW?

BLW adalah singkatan dari Baby-Led Weaning, yaitu metode yang pada dasarnya merupakan cara penyapihan (weaning) yang dipandu oleh bayi, diawali dengan cara menawarkan makanan kepada bayi sejak bayi berusia 6 bulan, dan memberi bayi kesempatan untuk belajar makan sendiri. Kata menawarkan sengaja dicetak tebal karena dengan metode ini bayi tidak disuapi, seperti yang selama ini sangat lazim dilakukan para ibu pada bayinya.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari BLW, beberapa di antaranya yaitu :

1. Bayi lebih menikmati proses makan. Saya sering melihat bayi yang disuapi bubur dengan “paksa”, bubur di dalam mangkuk harus habis, kasian sekali melihatnya. Nah, dengan BLW ini bayilah yang mengatur apa yang mau dimakan dan memutuskan sampai taraf mana dia akan berhenti, sehingga membuat suasana makan menjadi santai dan menyenangkan.

2. Sebagai proses pembelajaran. Dengan BLW, bayi akan belajar menggerakkan tangan, memasukkan tangan ke dalam mulut, memegang makanan yang agak licin, dsb. Selain itu bayi juga akan belajar tentang tekstur, aroma dan rasa makanan yang berbeda-beda.

3. Kelak akan menjadi anak yang tidak pilih-pilih makanan.

4. Tidak repot, karena makanan hanya perlu dikukus, tidak perlu menyiapkan puree lagi :)

Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi BLW Indonesia. Saya juga sudah membeli buku di sana sebagai panduan BLW untuk Asha nantinya. Nanti InsyaAllah akan saya update foto-foto Asha ketika praktek BLW, sekarang Asha belajar untuk duduk sendiri dulu.

Update poto Asha terbaru :




O iya, hari Minggu kemarin Asha berenang lagi untuk ketiga kalinya. Dan seperti yang sebelum-sebelumnya, Asha sangat happy sekali :)
Tendang kanan, tendang kiri, meluncur, lucu banget..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar