Sabtu, 13 Desember 2014

Jogja part 3 - Berburu bakpia dan gudeg

Hari Jumat pagi tetap diawali dengan gerimis kecil. Pukul 6.30 hujan reda, dan Asha langsung berenang dengan gembira. Agenda berikutnya di hari itu adalah berburu bakpia Kurnia Sari.

Sejak hari Selasa, kami sudah sering mendengar kabar bahwa untuk mendapatkan bakpia Kurnia Sari harus pesan beberapa hari sebelumnya. Kalau langsung datang ke sana, pasti akan kehabisan. Setelah mendapatkan nomor telepon Kurnia Sari, kami memesan pada hari Rabu untuk diambil hari Jumat. Dan ternyata, pesanan untuk hari Jumat sudah full !!!! Bisanya untuk hari Sabtu jam 5 sore. Huhuhuhu..

Ketika semangat saya hampir pupus (cailah..), saya menemukan sebuah postingan blog bulan Mei kemarin bahwa ternyata bisa lho membeli di Kurnia Sari secara langsung asalkan datangnya pagi-pagi pas baru buka.

Kurnia Sari mempunyai 3 outlet.
1. Jalan Glagahsari no. 91C telp. (0274) 380502, buka : 08.00 - 17.30
2. Jalan Glagahsari no. 112 telp. (0274) 375030, buka : 08.00 - 20.30
3. Ruko Permai, Pogung Lor no. 6 telp. (0274) 625279 buka : 08.00 - 20.30

Pukul 8 pagi kami berangkat ke outlet pertama. Saat ini outlet sedang ada renovasi, jadi terkesan tutup, padahal sebenarnya tetap buka di belakang. 

Saya baru menyadari kelemahan jika membeli dengan datang langsung, yaitu, untuk pilihan rasanya kita hanya bisa membeli sesuai persediaan. Waktu kami ke sana, rasa susu dan kumbu hitam kosong, mungkin kalau pesan dulu kami bisa mendapatkan dua rasa itu.

Oya, kemarin kami juga sempatkan membeli bakpia Raminten di depan pintu masuk Mirota Batik. Bakpia Raminten memang salah satu bakpia pilihan kami setelah Kurnia Sari. Rasanya enak juga, walaupun tetap bagi kami masih Kurnia Sari yang nomor satu hehehe..

Harga bakpia Raminten isi 20 : 25ribu.
Harga bakpia Kurnia Sari isi 15 : 28.500, isi 20 : 38ribu.

Memang seolah-olah harga Kurnia Sari lebih mahal ya, tapi lihat dulu ukurannya dong. Ukuran satu biji bakpia Kurnia Sari sekitar dua kali lipat ukuran bakpia Raminten. Jadi kalau dihitung-hitung, malah lebih murah Kurnia Sari kayaknya.


Hari Jumat pagi kami membuka kemasan plastik bakpia Raminten untuk dimakan di kamar hotel. Begitu dibuka, bau yang tercium langsung menyengat. Bagi saya, baunya wangi. Tapi bau wanginya seperti pewangi cucian, bukan bau wangi pada makanan. Dan ternyata, bakpianya jamuran, entah karena kadaluarsa atau proses pengepakan yang salah. Padahal selama ini beberapa kali beli bakpia Raminten baik-baik saja. Yah mungkin lagi apesnya kali ya.. 
Akhirnya satu kotak langsung masuk tong sampah. Huhuhuhu..

 bakpia jamuran..



Update :
Awal Januari lalu, gantian adik ipar saya yang jalan-jalan ke Jogja. Dia beli Bakpia 25 isi 20 biji seharga 45ribu. Rasanya enak, ukuran per bijinya berada di tengah-tengah antara Raminten dan Kurnia Sari.

Dalam perjalanan pulang, kami mampir ke Jalan Wijilan untuk membeli gudeg. Di sepanjang jalan tampak berjajar banyak penjual gudeg. Namun tujuan kami satu, yaitu gudeg Yu Djum. 

Gudeg Yu Djum konon adalah gudeg pertama di Jogja. Dulu lokasinya berupa rumah biasa di sebuah jalan kecil, atau lebih tepat disebut gang, tidak terlihat dari jalan. Tapi sekarang cabangnya sudah di mana-mana.

Kami membeli dua paket gudeg dengan wadah kendil seharga @100ribu. Bungkus kardusnya dihargai 5ribu per kotak. Untuk rasa, maaf, jangan tanya saya. Saya tidak suka gudeg, hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar